Pengalaman Pasang Internet Rumah Citranet Fiber Infinite di Jogja

In Personal 1,324 Views

Sudah lama ingin memasang internet di rumah, sejak tahun lalu saya sudah mencoba buat pasang IndieHome, tapi waktu itu katanya jaringan penuh di daerah tempat tinggal saya, lalu beberapa minggu yang lalu saya coba lagi, ternyata belum ada penambahan jaringan, jadi ya tetap belum bisa.

Akhirnya saya coba Citranet.

Berawal dari sebuah spanduk yang terpasang di jalan sekitar rumah yang menyebutkan bahwa di daerah tempat tinggal saya sudah ada jaringan fiber Citranet beserta harganya. Menarik dong, saya langsung telepon Citranet.

Pemesanan melalui website

Setelah menelpon Citranet, saya diarahkan untuk menghubungi bagian sales melalui contact form pada website. Di situ saya hanya memasukkan data diri dan memilih untuk follow up melalui telepon. Jadi, setelah mengirim data diri saya cuma menunggu untuk ditelepon.

Sayangnya follow up nggak instan, saya harus menunggu cukup lama:
– 30 Juni kirim request
– 4 Juli ditelepon pihak Citranet
– 5 Juli survei lokasi
– 10 Juli follow up hasil survei
– 11 Juli saya datang ke kantor Citranet untuk tanda tangan dan pembayaran pertama
– 14 Juli teknisi datang untuk memasang dan langsung tersambung internet

Total proses pemasangannya jadi 16 hari, lama kan? 😀

Biaya pemasangan

Kalau kamu terbiasa dengan IndieHome, kamu bakal kaget dengan biaya pemasangan Citranet, karena memang jauh lebih mahal. Kalau IndieHome kan cuma 75 ribu dan dimasukkan dalam tagihan pertama, jadi bisa dibilang waktu pemasangan nggak bayar apa-apa.

Nah, berikut rincian biaya pasang Citranet Fiber saya:
– Registrasi instalasi: Rp750.000
– Abonemen paket Infinite10 bulan pertama: Rp300.000
– Access point wifi: Rp300.000
Total biaya plus PPN 10% jadinya Rp1.480.000

Catatan:
– Saya pesan paket Infinite10 yang berarti kecepatan up to 10 mbps.
– Access point nggak dipinjamkan, tapi dibeli.

Kualitas jaringan

Untuk yang satu ini saya langsung kasih hasil tes kecepatan internet dengan beberapa tool saja ya. Berikut hasilnya.

Selama saya pakai sampai nulis ini belum pernah ada masalah koneksi dan sewaktu-waktu kecepatannya juga stabil.

Salah satu yang bikin saya senang adalah Reddit nggak diblokir. 😛

Dukungan 24 jam

Saya berkesempatan mencoba dukungan bantuan dari Citranet di hari pertama, dan ini murni karena keteledoran saya yang secara nggak sengaja mengganti password PPPoE karena terisi otomatis oleh autofill pada browser. 😀

Saya langung telepon dan ternyata teknisinya datang ke rumah, padahal kan tinggal kasih password-nya juga beres. Menurut saya oke sih.

Cara bayar tagihan

Kebetulan juga akhir bulan kemarin tagihan pertama datang. Pembayaran biaya bulanan bisa dilakukan via transfer bank atau langsung ke kantornya. Sayangnya kemarin saya cuma diberi nomor rekening virtual BCA yang ternyata cuma bisa ditransfer dari sesama rekening BCA, padahal saya nggak punya. Akhirnya harus kontak pihak CItranet untuk minta nomor rekening yang biasa saja.

Akhir kata

Citranet bukan nama baru di dunia per-ISP-an Jogja, meskipun jangkauan fibernya belum seluas IndieHome, tapi ini bisa jadi alternatif yang bisa diandalkan. Ya misalnya kamu punya nasib yang sama seperti saya.

Demikian, semoga bermanfaat.

9 Comments

TaufanPR 2 August 2018 Reply

Suatu saat aku ingin bikin thower sendiri.

Taufiq 2 August 2018 Reply

Jangan mas, susah. Mending tidur, gampang.

Jauhari 2 August 2018 Reply

MANTAP KAMASUT

Zam 8 September 2018 Reply

dapat IP public ndak, mas?

Taufiq 8 September 2018 Reply

Ndak mas.. :))

Priyo 17 September 2018 Reply

Mas, spanduk spt pd foto itu, lokasinya dmn kah?

Taufiq 18 September 2018 Reply

Di jalan jalan daerah kentungan pak, jl timor timur masuk.

GEGE 8 December 2018 Reply

cara cek daerah tercover apa blm dimana ya

Taufiq 8 December 2018 Reply

Kalo saya tanya langsung ke CS mas. 😃

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.